Minggu, 16 Oktober 2016

TENIS LAPANGAN

Tenis Lapangan

Tenis, permainan yang dimainkan menggunakan raket dan bola oleh dua orang (sebagai single) atau empat (sebagai double) pesaing, dilakukan pada lapangan persegi empat dengan net terpasang di tengah. permainan tenis dapat dilakukan di dalam ruangan indorss atau di luar outdoors. peringkat permainan ini merupakan salah satu permainan yang terpopuler dan peran serta dalam olahraga dunia, dengan para fans dan para pesaing di lebih dari 100 negara. awalnya, permainan ini dinamakan tenis lapangan rumput (lawn tenis) sebagai pembedaan dari olahraga tenis lapangan, dari hal tersebut dihasilkan, sebuah permainan secara umum diketahui sebagai tenis.

Roger Federer
pemain tenis asal Swiss ini menjadi pemain terkenal sebagai pemain perorangan (single) didunia pada tahun 2004. pada tahun tersebut dia memenangi tiga dari empat turnament yang terdapat pada tenis, juara Australia terbuka, Wimbledon, dan USA terbuka

Lapangan Pertandingan dan Perlengkapan

lapangan tenis secara standar memiliki dua set garis sisi yang berbeda, satu untuk single dan satu untuk permainan double. servis dilakukan dari belakang garis pinggir kedepan dengan arah diagonal ke wilayah penempatan servis lawan.

lapangan tenis ditandai dengan garis pinggir berwarna putih, yang mencirikan dimensi dan daerah servis. panjang lapangan adalah 78 ft (23,8 m), dibagi ke dalam dua daerah yang sama sisi dengan sebuah net berdiri dengan tinggi 3 ft (0,9 m) terdapat ditengah lapangan. daerah untuk pemain single memiliki lebar 27 ft (8,2 m). untuk double terdapat penambahan lebar yaitu sekitar 4,5 ft (1,4 m), sehingga lebarnya menjadi 36 ft (11 m). (hal ini, seperti terlihat pada diagram lapangan sebelumnya). lapangan bisa terbuat atas rumput, tanah liat, aspal, semen, kayu, rumput buatan atau bahan-bahan buatan yang lain.

bola teis terbuat dari karet yang dilapisi kain wool dan serat fiber buatan pabrik. bola berwarna kuning dan putih digunakan pada kompetisi sebuah turnament dan merupakan warna paling utama, walau sebenarnya masih terdapat warna-warna lainnya. ukuran standar dari bola tenis yaitu berdiameter 2,5 dan 2,6 inc (6,35 dan 6,6 cm) dan berat bola antara 1,98 dan 2,1 ons (56 dan 59,4 g). dua ukuran baru diperkenalkan pada tahun 2001 dengan karakteristik disesuaikan dengan permukaan lapangan. hal ini dilakukan sebagai pengklasifkasian jenis lapangan, seperti tanah liat yang memiliki permukaan yang memperlambat langkah (slow pace) digunakan bola yang dapat mengantisipasi hal tersebut (bola cepat) sedangkan permukaan yang dapat mempercepat laju bola (fast pace) seperti lapangan rumput, digunakan bola dengan merek lambat, untuk mengantisipasi lapangan berjenis fast pace tersebut. kedua tipe tersebut yang membuat perbedaan kondisi bola di lapangan, namun memiliki berat bola yang hampir sama.

tidak terdapat seragam yang didesain untuk tenis, dan ukuran akan bentuk dapat bervariasi. penjelasan secara umum, ditentukan oleh ukuran bagian kepala pada raket, diantaranya standar, midsize, oversize, dan super oversize. pada pertandingan turnamen, panjang maksimal sebuah raket adalah 29 inc (73,7 cm). dengan lebar maksimal 12,5 inc (31,8 cm). bagian kepala raket panjangnya tidak boleh kurang dari 15,5 inc (39,4 cm) dan lebar sekitar 11,5 inc(29,2 cm), dan biasanya terdapat tali yang meregang terbuat dari milon atau bahan buatan lainnya yang dapat meredam bola. raket biasanya terbuat kayu, tetapi sekarang raket secara jelas terbuat dari bahan seperti alumunium, grapit dan fiber karbon, yang lebih kuat dan ringan dari kayu. pegangan raket dibungkus dari karet atau kulit. saat ini, para desainer juga terlibat dalam teknologi pembuatan raket yang dapat meredam getaran dan terbuatlah raket yang lebih tahan lama. para pemain biasanya mengenakan pakaian berjenis ringan, secara umum berwarna putih, dan sepatu dilapisi karet anti slip.

Pertandingan dan Servis

sebuah serviss dimulai setiap poin pada pertandingan tenis. pemain yang mencari nilai poin dinamakan server, dan yang menerima bola servis disebut receiver. melakukan servis, pemain melambungkan bola keudara dan memukulnya dengan keras sebelum menyentuh tanah, bola tersebut mengenai wilayah servis lawan, disebut sebagai kotak servis (servis box). pemain biasanya melakukan servis dengan cara gerakan mengankat tangan tinggi-tinggi (overhand), hal ini diperbolehkan untuk memukul bola dalam kendali.
Martina Hingis tercatat sebagai petenis wanita pada tahun 1997 dengan memenangi Australia terbuka, Wimbloden, dan Amerika terbuka. setelah dia memenangi turnament Australia , kelahiran Slovakia ini menjadi pesaing termuda pertama yang menyandang gelar petenis nomor 1 sedunia dari sebuah perkumpulan tenis wanita (WTA)

server mengantarkan bola dari belakang garis batas, yang disebut baseline. kakinya harus tidak boleh menyentuh lapangan sampai setelah memukul bola. pada saat servis pertama pada pertandingan, servis berdiri pada sisi sebelah kanan lapangan dan bersiap untuk memukul bola ke dalam kotak servis berlawanan secara.diagonal pada sisi daerah lawan. dua kali percobaan diperbolehkan untuk setiap masing-masing servis. jika bola pertama yang dipukul tidak mengenai daerah kotak servis lawan, atau keluar lapangan, dikatakan salah 'fault'. sebuah kesalahan juga disebutkan ada keadaan sebuah servis mengenai net, atau mengenai net saat masuk ke wilayah kotak servis lawan. kesalahan juga dikatakan ketika kaki server mengenai garis batas atau memasuki saat sebelum melakukan pukulan bola. namun hal seperti ini jarang terjadi. setelah terjadi satu kesalahan server dapat melakukan serviskembali. jika kesalahan terjadi kedua kali kesalahan, disebut kesalahan berganda, dan pihak lawan akan mendapatkan angka. jika sebuah servis mengenai net dan jatuh di daerah lawan, disebut let, dan server diizinkan untuk melakukan servis kembali. servis yang benar dikatakan ace. dalam permainan tenis, bola yang mengenai garis dikatakan masuk. hal ini berlaku untuk setiap jenis pukulan.
John McEnroe pemain tenis profesional asal Amerika, terlihat disini berkompetisi di Wimbledon pada tahun 1988, telah menorehkan hasil yang terbaik sejak pertama kali bermain tenis. tercatat sebagai petenis nomor satu dunia pada tahun (1981-1984), McEnroe memenangi tiga kali turnamen di Wimbledon di kejuaraan single (1981, 1983, 1984) dan empat kali juara di kejuaraan USA Open (1979, 1981, 1984). dia seorang pemain yang berhasil menjuarai baik single maupun double, mcEnroe menorehkan hasil total 77 juara single dan 77 juara nomor ganda.

jenis pukulan dasar yang digunakan dalam tenis diantaranya ialah forehand dan backhand. dalam forehand, pemain menggerakan badan sehingga bahu tangan yang tidak memegang raket menghadap ke net. pemain mengayunkan rekat ke depan untuk memukul bola. dalam pukulan backhand, pemain berputar sehingga bahu yang memegang raket menghadap ke net sebelum membawa raket memukul bola kedepan. terdapat tipe dasar pegangan raket, yaitu Eastern, Western, dan pegangan continental. kebanyakan pemain sering menukar cara pegangan mereka tergantung pada tipe laju bola yang akan mereka pukul. penggunaabn akan pegangan dua tangan (disebut juga sebagai pukulan dua tangan) digunakan oleh beberapa pemain, secara umum hal ini dilakukan guna menghasilkan sebuah tembakan yang kuat. kebanyakan pukulan tenis ini digunakan pada pukulan backhand, namun beberapa orang juga ada yang menggunakannya cara forehand.

Backhand salah satu jenis dasar pukulan dalam tenis. pukulan semacam ini sukar untuk dipelajari dan dikendalikan, ketika hal ini dibutuhkan pemain menggunakkan raket melintang tubuhnya. sekali dipelajari, pukulan backhand dapat menutupi serangan. seperti pada gambar ivan lendi menggunakan pukulan backhandnya untuk menjangkau tembakan yang sukar.

terdapat beberapa jenis pukulan yang lain selama pertandingan tenis. pukulan lob digunakan tinggi, pengembalian secara lembut diatas kepala lawan yang telah mendekati net. hal ini, sering dilakukan untuk membuat lawan mundur ke belakang untuk mendapatkan bola. pukulan lob dapat juga dilakukan sebagai pukulan bertahan, menyediakan waktu untuk pemukul lob kembali ke posisinya dilapangan. smash di atas kepala merupakan pukulan yang sangat kuat yang sering digunakan guna mengembalikan pukulan lob yang tanggung. pukulan tersebut hampir sama perlakuannya dengan servis awal, atau spike dalam bola voli. pukulan drop merupakan pukulan ringan, pengembalian secara memutarkan bola yang dapat menempatkan bola secara pelan dan lembut melalui net, memaksa lawan untuk mengejar bola mendekati net. jika posisi lawan jauh di luar lapangan, pukulan drop ini sangatlah efektif untuk memerolehpoin. pukulan volley juga dilakukan sebelum bola memantul, dan pukulan jenis ini digunakan oleh pemain yang dalam posisi dekat dengan net.

dalam beberapa keadaan perbedaan jenis pukulan, pemain boleh menerapkan variasi spin pada bola, guna bola memantul ke arah yang tak diduga lawan. top spin dihasilkan ketika pemain memukul bola dari arah bawah ke atas ke arah depan, hal ini akan menghasilkan pantulan yang lebih tinggi. top spin dapat menambah kekuatan laju akan bola menjadi lebih keras, karena penambahan spin dapat membantu membawa bola lebih terkendali dan tetap dalam permainan.

under spin digunakan ketika pemain memukul bola dari tinggi ke rendah ke arah depan, mengurangi pantulan. pukulan jenis ini dinamakan slice. ketika menempatkan spin pukulandilakukan pengendalin yang tinggi ,baik top spin dan underspin menguragi kecepatan bola.Kebanyakan pemain menggunakan keduanya edalam pertandingan latihan.


Kejuaraan

Memasuki level pria pada turnamen profesional mereka menyebutnya dengan sebutan ajang tantangan. Dimana pada turnamen ini, peringkat bawah memiliki peluang untuk meningkatkan peringkatnya; pemain yang lebih banyak menghasilkan poin, pemain tersebut mendapatkan peningkatan kualitas yang lebih baik. Sebuah sistem yang mirip digunakan dalam tenis wanita, dengan turnamen sering disebut sebagai ajang masa depan. Pemain yang berhasil mencapai tingkatan ini dapat mengikuti turnamen selanjutnya dalam pertandingan tur profesional. Kebanyakan turnamen menawarkan baik permainan tunggal ataupun ganda. Kompetisi ganda campuran, dimana sebuah tim terdiri atas seorang pria dan seorang wanita, merupakan sebuah ciri yang hanya diipertandingkan pada ajang grand slam.

Turnamen tenis tahunan yang dijalankan profesional tur, seperti italian dan canadian terbuka, yang diselanggarakan tiap tahunnya. Mereka melibatkan beragam hadiah uang, dan beberapa turnamen yang bergengsi dibandingkan turnamen lainnya dan hal ini memperlihatkan sebuah aksi dari para pemain tingkat tinggi.

Pertandingan disusun menggunakan sistem seeding. Dengan sistem ini pemain yang berposisi seeding di tempatkan berdasarkan pengalaman penampilan selama lebih dari 12 bulan, perkumpulan menjamin bahwa pemain terbaik tak akan bertemu di awal pertandingan. Untuk mengantisipasi kekesalan, ketika pemain rendah sebagai seeded mengalahkan peringkat atas diputaran awal. Turnamen melibatkan lebih lebih dari 128 pemain dan 7 putaran permainan. ATP Tour beroperasi sekitar 70 turnamen setiap tahunnya, sementaran WTA Tour beropersi sekitar 60  kompetisi setiap tahunnya.

Kejuaraan tenis besar lainnya trmasuk Piala Davis dan Piala Fed. Piala Davis dimulai pada tahun 1900, merupakan kompetisi yang dilakukan pria setiap tahunnya antara tim nasional. Piala Fed, dimulai pada tahun 1963, merupakan kejuaran yang mirip dengan piala Davis yang dilakukan wanita. Baik Piala Davis maupun Piala Fed melibatkan empat pertandingan tunggal dan satu pertandingan ganda. Tim yang menang adalah tim yang memenangi minimal tiga dari lima pertandingan yang digelar. Tenis merupakan juga salah satu olahraga olimpiade. Tenis pertama kali dipertandingkan di Olimpiade dari tahun 1896 hingga 1924. Setelah sekian lama tidak dipertandingkan, permainan Olimpiade kembali diperbaharui pada tahun 1988 di Seoul, Korea Selatan.

Untuk memenangi grand slam, semua dari empat turnamen yang utama dalam satu tahun kalender, mrupakan sebuah penghargaan tertinggi yang di tampilkan dalam tenis. Pemain pertama yang memenangi grand slam adalah orang Amerika bernama Don Budge pada tahun 1938.pemenang yang lannya yang memenangi grand slam adalah Maureen Connolly pada tahun 1953,orang Australia Rod Laver pada tahun 1970, dan orang Jerman Steffi Graff pada tahun 1988. beberapa pemain lainnya telah menorehkan prestasi diganda dan ganda campuran.

Sekilas Pembelajaran Tenis Lapangan

Dalam permainan tenis, dilakukan pada sebuah lapangan empat persegi panjang dengan ukuran:
- panjang lapangan
- lebar lapanganuntuk tunggal ganda
- tinggi tiang anjang net
- tinggi net
- jarak berdiri tiang net ke garis samping lapangan

untuk melakukan permainan tenis lapangan digunakan raket dan bola, dengan ukuran:
- panjang raket : 68,58 cm
- berat raket : 354 - 396 gram
- besar pegangan raket : 10,48 - 11,75 cm

- berat bola : 56,7 - 58,48 gram
- diameter bola : 6,35 -6,66 cm

Cara Memegang Raket

cara memegang raket sebuah permainan tenis lapangan dibagi atas dua cara, yaiti :
a. pegangan forehand
    cara melakukan pegangan forehand, yaitu :
    1. raket dipegang pada bagian pegangan dengan tangan seolah-olah sedang berjabat 
        tangan hingga membentuk "v" agak digeser ke arah telunjuk.
    2. hindari memegang raket terlalu kuat atau lemah
b. pegangan backhand
    1. raket dipegang pada bagian pegangannya dengan tangan seolah-olah sedang berjabat tangan               hingga membentuk "V" di antara ibu jari dan telunjuk.
    2. hindari memegang raket terlalu kuat atau lemah.

Teknik Pukuluan dalam Tenis Lapangan

teknik dasar pukulan dalam permainan tenis lapangan adalah sebagai berikut.
Teknik pukulan forehand

- Tahap persiapan

  • berdiri dengan kedua kaki dibuka ke samping selebar bahu dan pandangan lurus ke depan.
  • kedua lutut agak direndahkan.
  • raket dipegang di depan badan setinggi pinggang dan mengarah ke depan
- Tahap gerakan
  • saat bola meninggal kan raket lawan, ayunkan raket ke belakang secara horizontal.
  • kaki kanan agak berputar ke samping hingga bahu kiri menghadap ke arah datangnya bola.
  • setelah bola memantul, ayunkan kembali raket ke depan bersamaan dengan itu lengan dan bahu kanan bergerak.
  • bola menyentuh raket tepat di depan samping badan kira-kira diatas kiri.
- Akhir gerakan
  • rekat tetap mengayun setelah pukulan dilakukan mengikuti arah gerakan bola.
  • akhir gerakan raket setinggi bahu.
  • pandangan mengikuti arah gerakan bola.
Teknik pukulan backhand

- Tahap persiapan
  • berdiri dengan ke dua kaki dibuka selebar bahu dan pandangan lurus ke depan.
  • kedua lutut agak direndahkan.
  • raket dipegang di depan badan setinggi pinggang
- Tahap gerakan
  • saat bola meninggalkan raket lawan, tangan kiri menarik lengan kanan serta raket, secara horizontal ke belakang hingga bahu kanan menghadap arah datangnya bola.
  • kaki kiri agak diputar ke arah samping
  • bola menyentuh raket tepat di depan samping badan, sedikit di depan kaki kanan.
- Akhir gerakan
  • raket tetap mengayun setelah pukulan dilakukan mengikuti arah gerakan bola.
  • akhir ayunan raket setinggi bahu dengan lengan lurus kesamping depan.
  • pandangan mengikuti arah gerakan bola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar