Selasa, 11 Oktober 2016

BALAP BAKIAK

1. Balap Bakiak



balap bakiak biasa dilombakan ketika perayaan hari kemerdekaan indonesia. perlombaan ini menuntut kerjasama antaranggota dalam satu kelompok. selain itu, permainan bakiak dapat melatih ketangkasan pemainnya. perlengkapan yang digunakan berupa sandal bakiak yang dapat memuat lebih dari dua orang sesuai kebutuhan. sandal bakiak terbuat dari kayu memanjang seperti papan seluncur yang diberi karet ban secara melingkar yang dapat digunakan oleh lebih dari dua orang.
       
aturan mainnya sederhana, setiap pemain dalam satu kelompok harus menaiki satu sandal bakiak. kelompok berada di garis start dan akan berjalan sesuai lintasannya masing-masing. setelah aba-aba dimulai, setiap kelompok saling berlomba menuju ke ujung lintasan dan kembali ke garis start. agar dapat berjalan dengan cepat dan tidak terjatuh, anggota kelompok harus bekerja sama. salah satu pemain dapat memberikan tanda atau aba-aba ketika akan melangkah. misalnya, ketika melangkah pertama dengan kaki kiri sehingga anggota kelompok dapat bersamaan melangkah. selanjutnya anggota kelompok berjalan cepat sambil memberi isyarat pada langkahnya, "kanan ! kiri ! kanan ! kiri !.....!"
       
kelompok yang tiba di ujung lintasan harus berputar dan kembali ke garis awal. pada saat berputar, anggota kelompok harus menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh. apabial salah satu anggota kelompok terjatuh, kelompok yang bersangkutan harus mengulangi dari garis start. oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama agar langkahnya berjalan secara harmonis. setelah berhasil melakukan putaran, kelompok segera berjalan dengan cepat menuju garis start kembali. kelompok yang pertama tiba di garis start dinyatakan sebagai pemenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar