Senin, 31 Oktober 2016

SOFTBALL

Pengertian softball

  Hasil gambar untuk softball

   Softball merupakan perkembangan dari olahraga sejenis, yaitu basebol atau hardball.Bola softball saat ini berdiameter 28 - 30,5 sntimeter. Bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola ( pitcher ) dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defensif) dan tim yang memukul (ofensif). Dalam permainan softball diperlukan peralatan atau sarana prasarana agar permainan dapat berjalan dengan maksimal.

a. Lapangan permainan softball
Bentuk lapangan permainan  softball adalah bujur sangkar dengan ukuran panjang tiap-tiap sisinya adalah 16,76 meter.jarak dari home base ketempat pelempar adalah 13,07 meter. Tempat pelempar berdiri seluas 60 x 15 cm.

b. Home plate
Lapangan permainan dilengkapi dengan 4 base atau home plate. Home plate l,ll, daan lll terdapat di pojok lapangan. Home plate lV adalah tempat memukul bola. Base berukuran 38 x38 cm dengan tebal 5 sampai 12,5 cm. Home base lV atau home plate berukuran 43 x 22 cm.

c. Base atau tempat hinggap
Permainan softball mempunyai tiga tempat hinggap pelari yang disebut base. Base terdiri dari base I, II, dan III, sedang base IV langsung tempat untuk memukul (home base). Setiap base terdiri dari karet atau kanvas yang merupakan bantalan, dengan ukuran masing-masing base 38 x 38 cm, dan tebal 5-12,5 cm, kecuali home base berukuran 42,5 x 21,5 cm, sisi puncaknya berukuran 30 cm.

d. Sarung tangan
Sarung tanagan atau glove dikenakan oleh seluruh pemain bertahan untuk menangkap bola, sementara first baseman dan penangkapan bola mengenakan mitt (glove mempunyai jari, sedagkan mitt tidak).

e. Bola
Softball menggunakan bola berwarna kuning dengan benang grip berwarna merah, yang sebelumnya berwarna putih dengan grip putih.

f. Stick/alat pukul
Tongkat pemukul atau bat yang digunakan dalam pertandingan resmi adalah bat khusus yang diperuntukkan untuk softball.

g. Pakaian
Dipergunakan untuk seorang penangkap bola (catcher) karena risiko terkena bola sangat tinggi. Pakaian pelindung ini juga sering disebut body protector

Peraturan softball

Permainan softball mempunyai beberapa peraturan, antara lain peraturan tentang perlengkapan, peraturan alat, dan peraturan permainan. Beberapa peraturan permainan softball adalah:

a. Perlengkapan permainan
Setiap pemain harus memakai kostum dengan ketentuan di depan baju ditulis nama daerah dan di belkang nomor punggung.
Glove Glove semacam sarung tangan yang terbuat dari kulit agak tebal dengan ukuran 284 gram. Digunakan untuk pemain penjaga. Sedangkan bagi penjaga home base (catcher) selain memakai glove juga mengunakan alat pelindung
Bola. Bahan bola softball terbuat dari kulit atau yang sejenisnya berukuran berat 190 gram

Kayu pemukul.  Pemukul (stick) terbuat dari kayu atau bahan yang sejenis berbentuk bulat panjang dengan bagian tempat pegangan lebih kecil. Ukuran stick softball adalah:
  • Panjang stick 86,5 cm
  • Tempat pegangan dibalut sepanjang 40 cm.

b. Jumlah pemain

  
Jumlah pemainsoftball setiap regunya ada 9 orang yang dipimpin oleh seorang kapten regu dengan susunan pemain:


  • 1 orang pitcher’s
  • 2 orang catcher’s
  • 3,4,5 base man
  • 6 shortstop, short fielder
  • 7,8,9 left fielder, middle fielder, dan right fielder.
c. Wasit (umpire)


dalam permainan softball terdapat 4 orang wasit, base umpire . 1 0rang wasit kepala, base umpire sebanyak 3 orang dengan posisi sebagai berikut:
  • Wasit kepala tempatnya dibelakang catcher
  • Base umpire bertugas dilapangan menentukan matinya pemain  pemukul di masing-masing base.
d. Cara bermain

  1. Pada regu yang mendapt giliran untuk memukul,  setiap permainan mendapat kesempatan 3 kali memukul dengan ketentuan 3 kali memukul. Dengan ketentuan bila pukulan pertama dank e dua strike maka pemain yang bersangkutan harus lari
  2. Urutan pemukul ditentukan oleh nomor urut yang telah ditentukan sebelum bermain 
  3. Pemukul yang pertama tidak boleh dilalui pemukul yang kedua, pemukul kedua tidak boleh dilalui pemukul ketiga, dan seterusnya 
  4. Setiap base hanya boleh di isi oleh satu orang pemain 
  5. Pada waktu bola dalam permainan, bebas mengadakan gerakan kecuali bila pitcher sudah siap untuk melemparkan bola kepada pemukul.
  6. Pada waktu akan di tick, pelari tidk boleh menghindari berlari ke luar atau ke dalam lebih dari batas.
e. Strike
    Dalam permainan soft ball, strike dihitung apabila:

  1. Bola dipukul baik kena atau tidak kena
  2. Lemparan baik, walaupun bola tidak dipukul
  3. Bola yang dipukul meleset keluar, bila pukulan yang meleet itu melambung dan tertangkap oleh si penjaga, maka pemukul itu langsung mati.
f. Lari bebas
   Lari bebas diberikan apabila:

  1. Pitcher’s melemparkan bola 4 kali salah
  2. Si pemukul dihalang-halangi pada waktu akan menuju base
  3. Bila semua base terisi, sedangkan si pemukul telah empat kali tidak memukul karena pitcher melemparkan bola salah terus.
g. Cara mematikan dan Tukar tempat
    Cara mematikan dapat dilakukan dengan cara di tick sebelu pelari mengenai base. Pada waktu men-tick bola tidak boleh dilepaskan atau terlepas dari tangan. Kecuali dalam keadaan lari cukup dengan membakar base, yaitu sambil memegang bola, menginjak base yang dituju pelari. Bertukar tempat dilakukan setelah tiga kali mati.

h. Pembantu
    Dari masing-masing regu mempunyai dua orang pembantu yang berpakaian serangam dengan regunya. Kedua pembantu itu kerjanya member petunjuk kepada pemukul dan pelari base. Tempatnya di tempat pembantu yaitu satu orang di sebelah kiri dan satu orang lagi di sebelah kanan.

i. Cara memperoleh nilai
  Cara memperoleh nilai dalam permainan softball adalah:
  1. Setiap pelari dengan pukulan baik dan dapat kembali dengan selamat mendapat nilai satu.
  2. Setiap pelari yang menuju base harus ada pada base atau menginjak base, tidak boleh lewat begitu saja. Jika dilewati maka boleh di-tick . hanya pada base pertama boleh lewat. Tetapi tidak berpura-pura, maksudnya untuk bisa lewat di base yang kedua.
  3. Jika ada bola yang ditangkap dari hasil pukulan, maka si pemukul dinyatakan mati. Para pelari masing-masing kembali ke basenya dengan cepat agar basenya tidak dibakar oleh penjaga
  4. Pelari yang kembali dapat dimatikan
  5. Pelari yang sudah dimatikan tidak dapat melanjutkan perjalanannya
  6. Home run. 
Jika memukul dan dapat kembali ke home base dapat selamat, maka ia mendpat nilai 6 dan setiap base lawannya mendapat nilai satu


1 komentar: