Minggu, 30 Oktober 2016

BULU TANGKIS

Hasil gambar untuk bulu tangkis

Asal mula Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang terkenal di dunia. olahraga ini menarik minat berbagai kelompok umur, berbagai tingkat keterampilan. pria maupun wanita memainkan olahraga ini didalam atau diluar ruangan untuk rekreasi juga sebagai ajang persaingan. bola bulutangkis tidak dipantulkan dan harus di mainkan di udara, sehingga permainan ini merupakan permainan cepat yang membutuhkan reflek yang baik dan tingkat kebugaran tinggi. pemain bulu tangkis juga dapat mengambil keuntungan dari permainan ini dari segi sosial, hiburan dan mental.
bulu tangkis merupakan olahraga yang dimainkan dengan menggunakan net, raket, dan bola dengan teknik pemukulan yang bervariasi mulai dari yang relatif lambat hingga sangat cepat disertai dengan gerakan tipuan.

Sejarah Bulu Tangkis

ternyata beberapa permainan merupakan pelopor dari permainan bulu tangkis modern, tetapi asal permainan tersebut tidak diketahui. catatan menunjukkan bahwa permainan yang dimainkan dengan pemukul kayu dan bola bulu tangkis (cock) telah dimainkan di Cina Kuno, di England pada abad ke-12, di Polandia pada awal abad ke-18, dan di India di penghujung abad ke-19. permainan yang disebut dengan "battledore dan shuttlecock" mencakup pemukulan bola dengan pemukul kayu yang dikenali dengan nama "bat" atau "batedor" dan dimainkan di Eropa antara abad ke-11 dan 14. peserta diharuskan untuk menjaga bola agar tetap dimainkan selama mungkin

Battledore atau shottlecock dimainkan di ruangan besar yang disebut dengan Badminton House di Gloucestershire, England selama tahun 1960-an, dan akhirnya nama bulu tangkis menggantikan battledore dan shuttlecock. area tempat bermain pada ruangan tersebut mempunyai bentuk seperti jam pasir, yang menyempit pada bagian tengahnya. dengan demikian pemain harus memainkan cock pada ketinggian minimum untuk menjaga agar rally terus berlangsung. permainan bulu tangkis dimainkan di lapangan yang berbentuk ganjil tersebut hingga pada tahun 1901. sebuah kawat ditambahkan melintasi bagian tengah lapangan  untuk membentuk net yang masih belum sempurna. peraturan bulu tangkis mulai ditetapkan pada tahun 1887 dan kemudian diperbaiki pada tahun 1895 dan 1905. peraturan tersebut masih tetap digunakan hingga saat ini dengan sedikit perubahan.

Bulu Tangkis Dewasa Ini

Dewasa ini, permainan bulu tangkis didukung oleh Federasi Bulu Tangkis Internasional (IBF). sembilan negara anggota mendirikan IBF pada tahun 1934. pada tahun 1993, IBF telah berkembang dengan negara anggota sebesar 120 negara tersebar luas. kejuaraan yang didukung oleh IBF adalah Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Beregu Putra untuk Thomas Cup, Kejuaraan Dunia Beregu Putri untuk Uber Cup, Kejuaraan Dunia Perseorangan, Kejuaraan Dunia Perseorangan Pemain Campuran untuk Sudirman Cup, dan Final Grand Prix.

Thomas Cup untuk putra dan Uber Cup untuk putri merupakan kejuaraan bulu tangkis yang paling bergengsi dan selalu diselenggarakan secara bersamaan. keduanya diatur dalam putaran selama dua tahun pada setiap tahun yang berakhiran genap. para pemain bulu tangkis bersaing untuk memenangkan Kejuaraan Dunia Perseorangan pada tahun yang berakhiran ganjil dan untuk memenangkan Thomas Cup dan Uber Cup pada tahun yang berakhiran genap. Kejuaraan Dunia Perseorangan Pemain Campuran atau Sudirman dimulai di Jakarta, Indonesia pada tahun 1989, dan bertepatan dengan Kejuaraan Dunia Perseorangan. turnamen utama dunia menghasilkan Seri Kejuaraan Grand Prix. pemain memenangkan angka dengan mengikuti setiap turnamen dan yang memperoleh angka terbanyak diundang untuk mengikuti Final Kejuaraan Dunia Grand Prix pada akhir tahun.

Pada tahun1985, bulu tangkis ditetapkan menjadi bagian olahraga yang diperbandingkan pada Olimpiade 1992 yang diadakan di Barcelona, Spanyol. sebelumnya bulu tangkis dijadikan olahraga yang dipertunjukkan pada Olimpiade 1988 di Seoul, Korea. masuknya bulu tangkis sebagai salah satu cabang olahraga yang diperbandingkan di Olimpiade mendukung popularitas olahraga tersebut untuk mendapatkan pengakuan. USBA dewasa ini merupakan Badan Pemerintahan Nasional atau NGB yang mewakili bulu tangkis pada Komite Olimpiade Amerika Serikat atau USOC.

Partai

ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulutangkis yaitu:

  • tunggal putra
  • tunggal putri
  • ganda putra
  • ganda putri
  • ganda campuran
sejak 1 februai 2006, seluruh partai memakai sistem "pemenang dua dari tiga set" (best of three) yang masing-masing diraih dengan mencapai 21 poin secara rally point.

Peraturan

tiap pemain atau pasangan mengambil posisi dikedua sisi jaring diatas wilayah persegi panjang yang ditandai dilantai. tujuan permainan adalah memukul sebuah cock menggunakan raket, melompati jaring ke wilayah di seputar batasan/ aras tertanda sebelum pemain atau pasangan lawan bisa memukul balik. untuk setiap kali ini berhasil dilakukan oleh regu yang melakukan servis, pemain atau pasangan penyervis (peladen) mencetak skor satu poin. setelah memenangi satu poin, pemain yang sama menyervis kembali, dan terus menyervis sepanjang mereka terus mencetak poin. apabila regu yang tak menyervis memenangkan reli ini, tiada poin dicetak oleh mereka tetapi ada pergantian penyervis.

dalam permainan ganda, seorang peladen memulai permainan, dan setalah kalah sebuah reli, servis berpindah ke regu lawan. dari waktu itu ke depannya, kedua pemain pada seregu bergantian menyervis (meladen) sebelum servis kembali berpindah kepada lawan mereka. pemain di sisi servis tangan kanan selalu memulai servis.

 Wilayah Servis

tiap-tiap pemain menetapkan di antara dua wilayah servis. ada wilayah servis untuk tunggal, yakni berlebar 5,18 meter dan panjangnya 13,40 meter. areal servis untuk ganda berukuran 6,10 meter pada lebarnya dan 11,88 meter panjangnya. wilayah servis dibagi dua belahan. di tengah-tengah lapangan berdiri jaring (net), yakni 1,55 meter tingginya. garis-garis servis pendek berentang 1,98 meter dari jaring. kotak servis kiri dan kotak servis kanan dipisahkan oleh garis di tengahnya.

Perlengkapan

1. Raket

secara tradisional raket dibuat dari kayu. dalam perkembangannya aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan untuk raket. kini hampir semua raket bulutangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.

2. Cock atau Kok

kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulutangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga cock dari plastik.

3. Senar Raket

mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulutangkis adalah senarnya. jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. kebanyakan senar ketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar.

4. Sepatu

karena percepatan sepanjang lapangan sangat penting, para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. sepatu bulutangkis membutuhkan sol karet untuk cengkeraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat, bulutangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan perelangan kaki.

5. Net

bulutangkis tidak akan pernah berjalan tanpa perlengkapan yang satu ini. net merupaka pembatas antara bidang permainan pemain yang satu dengan yang lain. tinggi net kurang lebih 152 cm dan sama untuk semua jenis permainan, baik itu tunggal maupun ganda, putri maupun putra.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar