Senin, 31 Oktober 2016

PETAK UMPET

Hasil gambar untuk pengertian petak umpet

Petak Umpet adalah permainan di mana para pemain berusaha bersembunyi sedangkan seorang pemain berusaha mencari dan menemukan mereka. Permainan ini cukup biasa, tetapi variasi-variasi yang berbeda juga telah berkembang selama bertahun-tahun. Yang mana pun versi yang Anda pilih (dan kita akan membahas beberapa), yang Anda perlukan hanyalah beberapa teman dan kemampuan bersembunyi dan mencari.

Pilih para pemain.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk bermain "Petak Umpet" adalah merekrut para pemain. Setidaknya dua pemain dibutuhkan untuk memainkan permainan ini. Namun, tentu saja, semakin banyak pemain, semakin baik.
  • Jika Anda mempunyai pemain-pemain dengan usia yang berbeda-beda, pertimbangkanlah hal ini. Pemain yang lebih muda memiliki pilihan-pilihan tempat untuk bersembunyi yang lebih banyak, tetapi mereka terkadang tidak terlalu pintar memilih tempat bersembunyi yang bagus dan tidak mempunyai kemampuan konsentrasi yang lama.

Tentukan aturan-aturan permainan.

Jika Anda tidak menentukan aturan permainan, Anda akan mendapati para pemain pergi ke tempat-tempat terlarang -- apakah ada barang-barang antik yang pada akhirnya akan jatuh pecah atau tempat-tempat pribadi dimasuki oleh para pemain -- atau seseorang terjebak di dalam mesin cuci. Dan, para pemain dapat pergi ke luar saat semua pemain lainnya berada di dalam. Laranglah para pemain bersembunyi di ruangan-ruangan seperti loteng, kamar tidur orang tua, ruangan-ruangan yang berisi barang-barang antik/berharga, dan kamar-kamar tidur. Atau biarkan para pemain bersembunyi hanya di dalam ruangan-ruangan tersebut, katakan saja sesuatu seperti, "Baiklah, kalian boleh bersembunyi di dalam kamarku, tetapi jangan berantaki tempat tidurku, dan letakkan semua barang kembali pada tempatnya."
  • Pastikan semua pemain tetap aman. Anda tidak akan ingin teman-teman Anda jatuh dari pohon atau memanjat ke atap. Buatlah aturan: hanya boleh bersembunyi di tempat-tempat yang cukup untuk dua pemain atau bersembunyi di tempat-tempat di mana semua pemain dapat ke sana.
  • Kita akan membicarakan variasi-variasi permainan ini sebentar lagi. Tetapi untuk saat ini, tentukanlah aturan-aturan dasar -- siapa yang bersembunyi, siapa yang mencari, di mana harus bersembunyi, berapa lama waktu yang dimiliki untuk pergi bersembunyi, dll.
Temukan lokasi yang cocok.

Lokasi-lokasi di luar ruangan adalah yang paling baik, meskipun tempat-tempat di dalam ruangan juga dapat digunakan pada hari-hari hujan. Sangat penting untuk menentukan batasan-batasan tempat persembunyian atau Anda akan mendapati para pemain pergi ke tempat-tempat yang terlalu jauh. Permainan ini bukan bernama Lari yang Jauh dan Carilah!
  • Jika Anda bermain pada saat orang tua Anda ada di rumah, pastikan mereka tahu bahwa kalian sedang bermain petak umpet. Orang tua Anda mungkin tidak ingin kalian bersembunyi di dalam garasi atau di bawah teras yang kotor, atau mereka mungkin tidak ingin masuk ke kamar mandi untuk menemukan Anda sedang bersembunyi di sana.
  • Cobalah untuk bermain di tempat-tempat yang berbeda setiap kalinya. Jika Anda terus menggunakan lokasi yang sama (permainan yang berbeda, bukan putaran yang berbeda), para pemain akan mengingat tempat-tempat persembunyian yang bagus dan mencari di tempat-tempat tersebut terlebih dulu.

Pergilah bersembunyi!

Semua pemain yang bukan “pencari” harus lari dan diam bersembunyi dari pemain yang sedang berhitung. Pemain yang menjadi “pencari” tidak boleh mengintip para pemain yang sedang pergi bersembunyi darinya. Pastikan kalian semua diam saat bersembunyi atau “pencari” dapat menggunakan telinganya untuk mengeahui ke arah mana kalian pergi.
  • Setelah Anda berada di tempat persembunyian Anda, diamlah dan jangan bergerak. Anda tidak akan ingin membuat diri Anda ketahuan setelah Anda bersembunyi! Jika Anda berisik, bahkan tempat persembunyian terbaik pun tidak akan dapat menyembunyikan Anda.

Mulai pencarian.

Setelah pemain yang menjadi “pencari” selesai berhitung, dia akan berteriak “Siap atau tidak, aku datang!” Pada titik ini, pencari harus berusaha menemukan semua pemain yang telah bersembunyi. Pastikan untuk melihat dengan mata Anda dan mendengar dengan telinga Anda, pencari! Saat Anda melihat mereka, pastikan Anda menyentuh mereka. Jika Anda sedang bersembunyi dan “pencari” hampir menemukan Anda, pindahlah dengan hati-hati. Merangkak atau merayap adalah pilihan-pilihan yang terbaik. Namun, jika sudah terlambat, jangan bergerak dan jangan bersuara. “Pencari” mungkin melewatkan Anda dan pergi menjauh.
  • Para pemain yang bersembunyi dapat bergerak atau berpindah ke tempat persembunyian yang lain, jika mereka mau. Ide yang bagus untuk pindah posisi dan pergi bersembunyi di tempat yang sudah “dicari” oleh pencari. Itu namanya “strategi.”
  • Jika beberapa pemain yang bersembunyi tidak kembali ke home base sebelum jangka waktu yang telah ditentukan atau mereka tidak dapat ditemukan, pemain yang menjadi “pencari” harus memberi tanda universal “semua aman.” Berteriaklah, “Semuanya, semuanya bebas!” Dengan begitu mereka tahu bahwa sudah aman untuk kembali.
  • Ini adalah variasi, jika Anda penasaran dengan “Kalian semua, kalian semua, keluarlah dengan bebas” atau mungkin, "Alle, Alle auch sind frei," keduanya kurang-lebih diartikan sebagai “semuanya bebas.”

Gantilah pemain yang menjadi “pencari.”

Pemain yang ditemukan pertama menjadi “pencari” pada putaran permainan selanjutnya. Anda dapat menentukan: setelah satu pemain ditemukan, saatnya untuk memainkan putaran selanjutnya, atau semua pemain harus ditemukan terlebih dulu sebelum putaran selanjutnya dimulai.
  • Anda juga dapat menentukan batas waktu. Jika pemain yang mencari tidak memenuhi batas waktu dalam 3 kali mencoba (misalnya), pencari tetap diganti. Berikan setiap pemain kesempatan untuk bersembunyi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar