Minggu, 30 Oktober 2016

MENEMBAK

Hasil gambar untuk pengertian olahraga menembak

Menembak di Indonesia secara luas dikenal tidak hanya sebagai olahraga, tetapi sebagai aktivitas sosial. perkumpulan menembak Indonesia (perbakin) secara rutin mmengadakan acara berburu di alam bebas untuk membantu petani diperkampungan terhindar dari binatang liar.

Penembakan atau menembak (Bahasa Inggris: shooting) adalah tindakan menembakkan suatu senapan atau senjata proyektil lain seperti panah atau sling. Kata ini dapat merujuk pada praktik berburu hewan atau dapat juga digunakan untuk olahraga menembak. Berbagai bentuk penembakan dapat menjadi suatu kegiatan yang menarik dan menyenangkan, tapi keselamatanmenjadi suatu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan dalam menangani senjata yang digunakan.
Karena hukum yang membatasi kepemilikan senjata di antara masyarakat sipil, olahraga menembak didominasi oleh tentara atau organisasi di bawah pengawasan Tentara Nasional Indonesia.

Sejumlah kompetisi menembak terdapat dalam kalender tahunan perbakin dalam upaya mencari bakat dan memperbaiki penampilan atletik nasional. perbakin juga mendirikan sebuah tempat menembak di kompleks Senayan yang diresmikan oleh Menteri Sekretaris Negara, Meordiono tahun 1994.

Menembak telah di masukaan ke dalam acara olahraga nasional dan internasional, mempersembahkan sejumlah medali emas. Penembak Indonesia telah menunjukan penampilan yang baik di tingkat internasional.

Indonesia menarik perhatian dunia internasional di tingkat duununia ketika penembak putri Samurnah

menyelesaikan dalam posisi ke tujuh di acara trap kejuaraan dunia 1994 di Beijing dan mendapatkan medali di Olimpiade Atlanta tahun 1996.

KONI tidak membebankan medali kepada tim putri, namun tetap memberikan imbauan kepada para atlet bertanding sebaik mungkin untuk memperoleh medali. Langkah Indonesia untuk merebut medali terasa sangat berat terutama menghadapi Thailand. Selain Thailand, lawan lain yang perlu di waspadai adalah Malaysia dan Vietnam. Jika mengacu pada hasil kejuaraan Menembak  Asia Tenggara di Kuala Lumpur, tiga negara ini yang mendominasi.

Indonesia mengirimkan 4 petembak untuk tim putri, yaitu Shila,Inca Ferry Wihartanti serta Barry Agustini yanng akan turun dalam air pistol perseorangan. Tim putra terdiri dari Frans Paul (Marinir), Agus Supartono (TNI AU), Sonny Prabowo (Polri), dan Anang Yulianto (Polri).

Indonesia, khususnya Perbakin, senantiasa berupaya mencari dan menggembleng atlet-atlet baru. memang Indonesia pernah memiliki penembak putri yang cukup handal, Lely Sampurno, walaupun prestasinya masih di tingkat Sea Games. Pencarian bakat-bakat  baru dan pencapaian prestasi pada olahraga ini perlu terus dikembangkan karena jenis olahraga banyak memperandingkan nomor pertandingan. Hal itu berarti bahwa olahraga menembak banyak memperebutkan medali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar