Selasa, 01 Januari 2019

SEPAK SAWUT

    Sepak Sawut merupakan permainan tradisional yang sering dimainkan oleh masyarakat bukan hanya kalangan muda, kalangan tua juga sangat menggemari permainan ini terutama masyarakat Kalimantan. Permainan ini sama seperti sepak bola pada umumnya, namun yang membedakan permainan ini yaitu bolanya yang berapi.

Sepak Sawut merupakan rangkaian ritual yang dimainkan saat membuka ladang berpindahan atau saat menunggu jenazah (untuk umat kaharingan). Permainan ini sekarang dimainkan secara rutin pada setiap perayaan ulang tahun Kabupaten atau Provinsi di Kalteng, karena permainan ini sekarang sudah agak jarang ditemukan. Artinya pemainan ini hampir langka hanya pada waktu-waktu tertentu saja kita dapat menyaksikannya, misalnya pada perayaan ulang tahun Provinsi Kalteng, ulang tahun Kabupaten, festival-festival budaya.

Bola pada permainan sepak sawut terbuat dari bongkahan sabuk kelapa tua yang telah kering dengan terlebih dahulu airnya dibuang lalu bongkahan tersebut direndam menggunakan minyak tanah. Tujuannya supaya minyak meresap kedalam serat-serat bola kelapa tersebut. Agar lebih seru permainan ini sebaiknya dimainkan pada malam hari, karena penerangan hanya menggunakan lampu seadanya dan cahaya kebanyakan bersumber dari bola api yang dimainkan. Peraturan permainan ini tidak beda jauh dengan permainan sepk bola pada umumnya yang terdiri dari 2 gawang yaitu gawang kita dan gawang lawan. Lapangan yang digunakan tidak beda jauh dengan lapangan Bola Basket. Pertandingan dipimpin oleh seorang wasit. Satu tim hanya diperkuat lima orang dengan ukuran arena seluas lapangan Bola Basket.



1 komentar:

  1. Mari Bergabung bersama kami di WWW,S1288POKER,COM
    Situs yang menjamin keamanan sistem yang canggih 100% Murni Fair Play, kami agen yang bergabung pada perusahaan Dewa Poker menjamin kepercayaan dan tidak akan mengecewakan anda dan tidak main-main di dalam permainan. 100% Murni karena semua server tergabung dan proses pembagian kartu dibagikan secara random tanpa campur tangan Admin atau CS yang bersangkutan dari perusahaan Dewa Poker. Chips dapat diuangkan kapan saja, proses aman dan cepat ! (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus